Mungkin judul ini lebih pantas untuk di gunakan tidak hanya bagi para desainer, namun juga bagi semua orang yang mengalami proses berpikir bisa saja seorang dokter, pengusaha maupun guru ya intinya seorang insan manusia lah. Mengapa disebut proses berpikir ? Ya, Self Doubt atau yang biasa kita sebut sebagai keraguan akan diri sendiri timbul karena kita memberi kesempatan kepada seseorang untuk turut andil dalam menyatakan pendapat nya kedalam hasil kerja kita (Kritik) dan kita akan mulai memikirkan hal tersebut terus menerus lambat laun berubah menjadi bagian dari diri kita sendiri padahal kita cukup tahu, tidak semua kritik itu membangun terkadang kritik yang tidak disertai sebuah solusi hanya akan membuat kita menjadi semakin frustasi dan down.

Cerdaslah dalam menerima sebuah kritik tidak semua kritik bertujuan untuk membangun anda terkadang seseorang hanya ingin menjatuhkan anda dan itu BANYAK.

Namun Self Doubt kali ini akan di jelaskan dari perspektif seorang desainer ya THAT’S ME (Semoga memiliki banyak kesamaan dengan profesi lainnya) sehingga kalian tetap bisa melanjutkan membaca artikel ini dan mendapat pelajaran yang berharga.

Self Doubt yang kita alami sering kali terjadi karena kita kerap kali membandingkan diri kita dengan mereka yang memiliki hasil karya, pekerjaan ataupun kehidupan yang lebih baik. Well emang pada awalnya karya kita gak bagus-bagus amat lah bahkan bisa di bilang buruk, Jadi bagi kalian yang mengalami hal seperti ini IT’S GOOD WHEN IT COMES IN EARLY STAGE  karena bisa memacu kalian untuk menghasilkan karya yang lebih baik lagi.

Jangan asumsikan keraguan pada diri sendiri selalu menjadi hal yang negatif terus belajar dan berkarya.

Ya pada awalnya hal itu tidak terasa mengganggu tapi semakin lama kok semakin tinggi level keraguan nya ibarat level kepedasan ini sudah level 10, Mulai pikiran-pikiran negatif ini muncul “Kamu emang gak berbakat mau belajar sampai kapan pun juga gak bakal bisa”, “Mereka itu jenius dan emang terlahir punya taste yang kece” and DAMN ! THAT’S TRUE di dunia yang tidak adil ini setiap orang pasti memiliki latar belakang dan kemampuan yang berbeda-beda jadi sia-sia saja mencari pembelaan supaya pikiran negatif tersebut bisa hilang. Jadi sekarang harus bagaimana ? Jawabannya…

 

ACCEPTANCE

 

Ya, Menerima. Itulah hal yang harus kita lakukan, percuma apabila kita hanya melakukan perlawanan secara mental terhadap kenyataan bahwa karya kita masih kurang baik tetapi setidak nya coba buka hasil karya kalian pada saat awal kamu menciptakan nya dan bandingkan hasil karya kamu yang sekarang. Apakah ada peningkatan ? Jika iya, voilà !  kamu sudah menjadi orang yang lebih baik, Cobalah untuk menghargai dirimu sendiri dan terus belajar agar bisa jadi lebih baik lagi. Jika tidak ada peningkatan, Coba kalian ingat kembali seberapa keras perjuangan kalian, Apakah hanya keinginan untuk berubah semata namun tidak di ikuti oleh kerja keras dan disiplin ilmu yang kuat ? Hmm Kalian harus ingat untuk menjadi yang terbaik dibutuhkan effort yang besar bukan hanya keinginan saja. Kalo sekedar ingin semua orang juga sedang melakukan nya. Ingat kita hidup berkompetisi bukan bermimpi, Jadi seberapa besar mimpi mu tidak akan berguna bila kamu tidak coba untuk meraihnya.