Apa itu logo ?

 

Logo adalah suatu grafis / gambar yang memiliki suatu arti dan juga merupakan identitas dalam bentuk, ukuran, dan juga warna untuk suatu organisasi, perusahaan, lembaga, atau individu. Bila kita analogikan dalam bentuk manusia maka wajah, tinggi tubuh, dan juga warna kulit merupakan suatu bagian dari visual yang membantu kita untuk mengenali teman, sahabat, maupun saudara kita.

 

Seberapa penting logo itu ?

 

Apakah logo itu penting ? Maka jawaban nya bisa iya atau tidak, tergantung seberapa jauh seseorang akan menggunakan logo sebagai identitas dari bisnis yang ingin mereka bangun. Bagi sebagian orang logo hanya merupakan suatu gambar formalitas yang mereka butuhkan dalam pembuatan perusahaan tetapi bagi lainnya bisa saja logo merupakan suatu nyawa dari suatu produk ataupun perusahaan mereka sebut saja Starbucks, Apple, Google, dan Garuda Indonesia.

 

Bagaimana membuat logo yang baik ?

 

Untuk dapat membuat logo yang baik kita harus menekankan prinsip-prinsip keilmuan yang bersifat global atau yang merupakan suatu standart yang dapat di terima oleh semua kalangan, keilmuan tersebut mampu di dapatkan dengan menempuh jalur pendidikan seni dan desain atau secara otodidak dengan mempelajari nya secara online.

 

Sederhana adalah kuncinya

 

Logo harus tampil dengan desain yang sederhana dan juga bersih, Semakin sederhana suatu objek semakin sulit pula pembuatan nya. Tidak percaya ? Kita sebut saja smartphone terbaru dari OPPO yakni OPPO FIND X yang memiliki tampilan depan dengan konsep frameless yang sederhana namun memiliki sejumlah kompleksitas dalam pembuatan nya seperti sistem motor penggerak untuk memunculkan kamera depan maupun belakang. Bila kita simpulkan OPPO ingin menghadirkan suatu kesederhanaan dalam desain nya yakni hanya layar pada sisi depan tanpa tombol maupun kamera. Begitu pula dengan logo, bagaimana cara kamu untuk menjelaskan identitas perusahaan hanya dengan menggunakan gambar dan typography yang sederhana ?

 

Sumber : techswitch.cf

 

Adaptable

 

Logo mampu di implementasikan ke dalam berbagai macam jenis media promosi seperti media cetak dan media digital tanpa menghilangkan identitas dari logo tersebut.

 

Brand Guideline

 

Logo memiliki standar penggunaan yang jelas dimana sistem ini bertujuan untuk mengarahkan agar logo tidak memiliki implementasi visual yang buruk, Selain itu design system bertujuan agar implementasi logo memiliki konsistensi yang baku dari satu media dengan media lainnya.

 

Spotify Guideline

 

Memorable / Mudah di Ingat

 

Logo harus mudah di ingat karena memiliki tampilan visual yang sederhana, Jadi setiap orang tidak perlu membuang waktu cukup lama untuk mengetahui bentuk dari logo yang kita miliki.

 

 

Logo Nike

 

Terima kasih.